27/01/12

Agama Arab Pra-Islam

Pagan adalah agama mayoritas masyarakat mekah sebelum islam. Ratusan berhala dengan bermacam-macam bentuk ada di sekitar Ka’bah. Mereka bahwa berhala-berhala itu dapat mendekatkan mereka pada Tuhan sebagaimana yang tertera dalam al-Quran. Agama pagan sudah ada sejak masa sebelum Ibrahim. Setidaknya ada empat sebutan bagi berhala-hala itu: anam, wathan, nusub, dan hubhal. Sanam berbentuk manusia dibuat dari logam atau kayu. Wathan juga dibuat dari batu. Nusub adalah batu karang tanpa suatu bentuk tertentu. Hubal berbentuk manusia yang dibuat dari batu akik. Dialah dewa orang Arab yang paling besar dan diletakkan dalam Ka’bah di Mekah. Orang-orang dari semua penjuru jazirah datang berziarah ke tempat itu. Beberapa kabilah melakukan cara-cara ibadahnya sendiri-sendiri. Ini membuktikan bahwa paganisme sudah berumur ribuan tahun. Sejak berabad-abad penyembahan patung berhala tetap tidak terusik, baik pada masa kehadiran permukiman Yahudi maupun upaya-upaya kristenisasi yang muncul di Syiria dan Mesir.

Agama Arab Sebelum Islam
Dilihat dari Letak geografis Luas wilayah jazirah arab kurang lebih 3.166.558km2. Pada zaman jahiliyah daerah seluas itu dihuni oleh 12 juta jiwa. Keadaan wilayah jazirah arab sepertiganya berupa lautan pasir dan sebagian berupa batu-batuan besar atau gunung yang terbesar dan tertinggi adalah jabal assarat.
Arti masyarakat jahiliyah :
Zaman jahiliyah adalah jaman kebodohan dalam agama islam. Kehidupan pada masa itu tenggelam dengan kesesakan , buta terhadap kebenaran , kemerosokan akhlat, pertikaian , perjudian , dll. Sehingga pada masa itu lebih dikenal dengan “Zaman Jahiliyah” atau masa kegelapan iman dan akhlak.
Ciri-ciri masyarakat jahiliyah :
  1. mempunyai akhlak yang buruk dan keji.
  2. menyembah selain Allah.
  3. bertuhanlah hawa nafsu.
  4. jahil dari segi agama.
  5. tidak mempunyai atau melaksanakan ajaran suci atau nabu untuk dijadikan sebagai petunjuk. 
Mengambil manfaat dari perkembangan masyarakat mekah sebelum islam. Dapat memahami sisi buruk masyarakat dari mekah pada masa zaman jahiliyah, seperti kebiasaan berjudi.

Dapat memahami sisi baik masyarakat pada zaman jahiliyah
  1. Masyarakat mekah hidup secara berkelompok.
  2. Masyarakat mekah pada masa itu hidup secara nomaden.
  3. Kehidupan ekonomi bangsa arab kebanyakan adalah pedagang.
  4. Bangsa arab pada masa itu bodoh dalam hal keagamaan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Jam Dunia

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons